Komunikasi
publik adalah pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam sebuah
organisasi atau yang di luar organisasi, secara tatap muka atau melalui media.
Namun dalam bagian ini yang akan dibahas hanyalah tatap muka di antara
organisasi dan lingkungan eksternalnya.
Brooks
menguraikan tipe komunikasi publik ini sebagai monological karena hanya
seorang yang biasanya terlibat dalam mengirimkan pesan kepada publik.
CIRI-CIRI KOMUNIKASI PUBLIK
- Suatu pihak (pendengar) cenderung lebih pasif
- Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
- Umpan balik yang diberikan terbatas
- Dilakukan di tempat umum
- Dihadiri oleh sejumlah orang besar
- Biasanya telah direncanakan
TUJUAN
KOMUNIKASI PUBLIK
1. Untuk memberi informasi kepada
sejumlah besar orang mengenai organisasi.
2. Untuk menjalin hubungan antara
organisasi dengan masyarakat di luar organisasi.
3. Memberi hiburan.
4. Memberikan penerangan.
5. Membujuk sekelompok masyarakat.
TIPE KOMUNIKASI PUBLIK DALAM ORGANISASI
Bentuk persentasi komunikasi
organisasi publik secara garis besarnya dapat dibedakan atas dua kategori,
yaitu yang bersifat pemberian informasi ndan mencari komitmen (commitment).
Persentasi yang bersifat pemberian informasi dapat pula dibedakan sebagai
berikut:
1. Persentasi Orientasi
2. Persentasi untuk Latihan
Pekerjaan Tertentu
3. Laporan Status
4. Laporan Kepada Dewan
Pengurus
5. Rapat-rapat Umum
ANALISIS PENDENGARAN DAN PERSIAPAN KOMUNIKASI PUBLIK
Berikut ini diberikan
langkah-langkah secara garis besar dalam mempersiapkan suatu persentasi
komunikasi publik bedasarkan analisis pendengar.
a) Si pembicara
menentukan siapa yang menjadi pendengarnya atau siapa yang akan mendengarkan.
b) Pembicara
haruslah mengumpulkan data tentang pendengar.
c) Pembaca
haruslah menulis paper posisi yang menjelaskan bagaimana reaksi pendengar
menurut pikirannya.
d) Berdasarkan
informasi pada paper posisi si pembicara hendaknya membuat garis-garis besar
dari pembicaraan.
e) Bila lebih
banyak informasi yang tersedia si pembicara hendaknya terus-menerus merevisi
garis besar dari pembicaraan.
PENYAMPAIAN KOMUNIKASI PUBLIK
1) Kontak Mata
2) Vokalik
3) Ketepatan
4) Perencanaan
PERBEDAAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Komunikasi Publik
- Berorientasi pada pembicara atau sumber (mendominasi hubungan)
- Melibatkan sejumlah besar penerima tetap
- Kurang terdapat interaksi antara si pembicara dan pendengar
- Bahasa yang digunakan lebih umum, sehingga lebih dipahami oleh
pendengar
Komunikasi Interpersonal
- Timbal balik antara si pembicara dengan si penerima
- Biasanya melibatkan 2 orang dan komunikasi kecil tidak lebih
setuju dengan penerima
- Ada interaksi antara si pembicara dan pendengar
- Bahasa yang digunakan lebih subjektif
0 komentar:
Posting Komentar