Pages

Sabtu, 12 September 2015

KOMUNIKASI PUBLIK

Komunikasi publik adalah pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam sebuah organisasi atau yang di luar organisasi, secara tatap muka atau melalui media. Namun dalam bagian ini yang akan dibahas hanyalah tatap muka di antara organisasi dan lingkungan eksternalnya.
Brooks menguraikan tipe komunikasi publik ini sebagai monological karena hanya seorang yang biasanya terlibat dalam mengirimkan pesan kepada publik.

CIRI-CIRI KOMUNIKASI PUBLIK
- Suatu pihak (pendengar) cenderung lebih pasif
- Interaksi antara sumber dan penerima terbatas
- Umpan balik yang diberikan terbatas
- Dilakukan di tempat umum
- Dihadiri oleh sejumlah orang besar
- Biasanya telah direncanakan

TUJUAN KOMUNIKASI PUBLIK
1.  Untuk memberi informasi kepada sejumlah besar orang mengenai organisasi.
2.  Untuk menjalin hubungan antara organisasi dengan masyarakat di luar organisasi.
3.  Memberi hiburan.
4.  Memberikan penerangan.
5.  Membujuk sekelompok masyarakat.

TIPE KOMUNIKASI PUBLIK DALAM ORGANISASI
      Bentuk persentasi komunikasi organisasi publik secara garis besarnya dapat dibedakan atas dua kategori, yaitu yang bersifat pemberian informasi ndan mencari komitmen (commitment). Persentasi yang bersifat pemberian informasi dapat pula dibedakan sebagai berikut:
1.      Persentasi Orientasi
2.      Persentasi untuk Latihan Pekerjaan Tertentu
3.      Laporan Status
4.      Laporan Kepada Dewan Pengurus
5.      Rapat-rapat Umum


ANALISIS PENDENGARAN DAN PERSIAPAN KOMUNIKASI PUBLIK
      Berikut ini diberikan langkah-langkah secara garis besar dalam mempersiapkan suatu persentasi komunikasi publik bedasarkan analisis pendengar.
a)   Si pembicara menentukan siapa yang menjadi pendengarnya atau siapa yang akan mendengarkan.
b)   Pembicara haruslah mengumpulkan data tentang pendengar.
c)   Pembaca haruslah menulis paper posisi yang menjelaskan bagaimana reaksi pendengar menurut pikirannya.
d)  Berdasarkan informasi pada paper posisi si pembicara hendaknya membuat garis-garis besar dari pembicaraan.
e)   Bila lebih banyak informasi yang tersedia si pembicara hendaknya terus-menerus merevisi garis besar dari pembicaraan.

PENYAMPAIAN KOMUNIKASI PUBLIK
1)  Kontak Mata
2)  Vokalik
3)  Ketepatan
4)  Perencanaan

PERBEDAAN KOMUNIKASI PUBLIK DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Komunikasi Publik
- Berorientasi pada pembicara atau sumber (mendominasi hubungan)
- Melibatkan sejumlah besar penerima tetap
- Kurang terdapat interaksi antara si pembicara dan pendengar
- Bahasa yang digunakan lebih umum, sehingga lebih dipahami oleh pendengar

Komunikasi Interpersonal
- Timbal balik antara si pembicara dengan si penerima
- Biasanya melibatkan 2 orang dan komunikasi kecil tidak lebih setuju dengan penerima
- Ada interaksi antara si pembicara dan pendengar

- Bahasa yang digunakan lebih subjektif  

0 komentar:

Posting Komentar