Komunikasi adalah proses bertukar pesan yang bersifat
informatif, persuasif, serta terjadinya perubahan perilaku. Pemasaran adalah proses
manajemen yang bertanggung jawab terhadap identifikasi, antisipasi, serta
pemenuhan kebutuhan konsumen dan dalam waktu yang bersamaan, menciptakan
keuntungan bagi perusahaan, dan periklanan adalah cara menjual melalui
penyebaran informasi.
Keterkaitan Periklanan dan Komunikasi, yaitu:
1.
Iklan sebagai teknik penyampaian
pesan dalam bisnis, secara otomatis menjalankan fungsi-fungsi yang diemban
media massa.
2.
Iklan berfungsi komunikasi, yang
berarti memberikan penerangan dan informasi mengenai suatu barang dan jasa.
Fungsi Periklanan
Sebagai Proses Komunikasi:
1.
Komunikasi pemasaran
Periklanan sebagai salah satu bentuk khusus komunikasi untuk
memenuhi fungsi pemasaran.
o
Periklanan harus mampu membujuk
khalayak ramai.
o Periklanan harus mampu mengarahkan
konsumen membeli produk yang telah dirancang.
o
Periklanan harus dapat mempengaruhi
pemilihan dan keputusan pembelian.
2.
Komunikasi efektif
Dengan membuat kalimat efektif, singkat dan simbol-simbol yang
mudah dimengerti khalayak. Ex: Simbol perdamaian.
3.
Periklanan sebagai perubahan sikap,
terkait dengan tujuan komunikasi
Periklanan dijadikan sebagai sarana kampanye mengenai pola
hidup, pembelian produk dsb.
4.
Periklanan terkait dengan tindakan
komunikasi
Periklanan tidak sekedar memberikan informasi, melainkan terjadi
perubahan perilaku. Ex: Pembelian.
5.
Periklanan terkait dengan
kendalakendala komunikasi
Kendala dalam kegiatan komunikasi bisa saja akan terjadi dalam
periklanan. Ex.: Asumsi dan makna yang berbeda.
SEJARAH PERIKLANAN
Berasal dari kata ad-vere yang berati mengoperkan fikiran kepada
pihak lain. “Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada
masyarakat lewat suatu media”. American Marketing Association (AMA),
mendefenisikan iklan sebagai : “Bentuk penyajian dan promosi mengenai gagasan,
barang, atau jasa kepada khalayak (non personal) oleh sponsor yang jelas, dan
untuk itu dikenakan pembayaran. Liliweri, menjelaskan iklan sebagai proses
komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran
yang membantu menjual barang , memberikan layanan, ide-ide melalui saluran
tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.
Prinsip dasar periklanan dalam perspektif komunikasi:
1. Adanya pesan tertentu
2. Dilakukan oleh komunikator (Sponsor)
3. Dilakukan dengan cara personal
4. Disampaikan untuk khalayak tertentu
5. Menyampaikan pesan dilakukan dengan pembayaran 6.
Mengharapkan dampak tertentu
·
BENTUK AWAL PERIKLANAN
Iklan tidak terlepas dari kehidupan industri modern, biasanya
sering dipakai oleh negara-negara yang sedang mengalami perkembangan ekonomi
yang pesat. Periklanan digunakan sebagai cara menjual barang dengan memamerkan
ala kadarnya. Contoh seperti papan nama sederhana, tradisional periklanan
seperti melukis di batubatu, dinding dsb.
·
PERIKLANAN DALAM ERA PERTUMBUHAN
PERKOTAAN
Ekspansi penduduk dan pertumbuhan kota-kota yang
dipenuhi oleh banyak toko dan pusatpusat perdagangan. Pola-pola produksi secara
missal. Terbentuk dan berkembangnya jaringan komunikasi. Perkembangan dunia
periklanan seiiring dengan perkembangan media.
·
PERIKLANAN DAN DUNIA MODERN
Alat yang efektif untuk memasarkan produk. Produsen
dan distributor membutuhkan iklan untuk menjual barangnya, sedangkan pembeli
membutuhkan informasi yang memadai mengenai produk dan jasa yang tersedia di
pasar. Peran biro iklan sebagai perantara pihak media massa dan para pengiklan.
Tuntutan fungsi-fungsi kreatif Defenisi iklan : Berasal dari kata ad-vere yang
berati mengoperkan fikiran kepada pihak lain. “pesan yang menawarkan suatu
produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media”.
·
JENIS IKLAN
-
Brand advertising
-
Retail advertising
-
Political advertising
-
Directory advertising
-
Direct respon advertising
-
Business to business advertising
-
Institutional advertising
-
Public service advertising
0 komentar:
Posting Komentar