Pages

Sabtu, 05 September 2015

KOMUNIKASI DAN PERIKLANAN

Komunikasi adalah proses bertukar pesan yang bersifat informatif, persuasif, serta terjadinya perubahan perilaku. Pemasaran adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap identifikasi, antisipasi, serta pemenuhan kebutuhan konsumen dan dalam waktu yang bersamaan, menciptakan keuntungan bagi perusahaan, dan periklanan adalah cara menjual melalui penyebaran informasi.
Keterkaitan Periklanan dan Komunikasi, yaitu:
1.   Iklan sebagai teknik penyampaian pesan dalam bisnis, secara otomatis menjalankan fungsi-fungsi yang diemban media massa.
2.  Iklan berfungsi komunikasi, yang berarti memberikan penerangan dan informasi mengenai suatu barang dan jasa.
Fungsi Periklanan Sebagai Proses Komunikasi:
1.  Komunikasi pemasaran
Periklanan sebagai salah satu bentuk khusus komunikasi untuk memenuhi fungsi pemasaran.
o   Periklanan harus mampu membujuk khalayak ramai.
o Periklanan harus mampu mengarahkan konsumen membeli produk yang telah dirancang.
o   Periklanan harus dapat mempengaruhi pemilihan dan keputusan pembelian.
2.  Komunikasi efektif
Dengan membuat kalimat efektif, singkat dan simbol-simbol yang mudah dimengerti khalayak. Ex: Simbol perdamaian.
3. Periklanan sebagai perubahan sikap, terkait dengan tujuan komunikasi
Periklanan dijadikan sebagai sarana kampanye mengenai pola hidup, pembelian produk dsb.
4. Periklanan terkait dengan tindakan komunikasi
Periklanan tidak sekedar memberikan informasi, melainkan terjadi perubahan perilaku. Ex: Pembelian.
5. Periklanan terkait dengan kendalakendala komunikasi
Kendala dalam kegiatan komunikasi bisa saja akan terjadi dalam periklanan. Ex.: Asumsi dan makna yang berbeda.

SEJARAH PERIKLANAN
Berasal dari kata ad-vere yang berati mengoperkan fikiran kepada pihak lain. “Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media”. American Marketing Association (AMA), mendefenisikan iklan sebagai : “Bentuk penyajian dan promosi mengenai gagasan, barang, atau jasa kepada khalayak (non personal) oleh sponsor yang jelas, dan untuk itu dikenakan pembayaran. Liliweri, menjelaskan iklan sebagai proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang , memberikan layanan, ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.  
Prinsip dasar periklanan dalam perspektif komunikasi:
1. Adanya pesan tertentu
2. Dilakukan oleh komunikator (Sponsor)
3. Dilakukan dengan cara personal
4. Disampaikan untuk khalayak tertentu
5. Menyampaikan pesan dilakukan dengan pembayaran 6. Mengharapkan     dampak tertentu
·        BENTUK AWAL PERIKLANAN
Iklan tidak terlepas dari kehidupan industri modern, biasanya sering dipakai oleh negara-negara yang sedang mengalami perkembangan ekonomi yang pesat. Periklanan digunakan sebagai cara menjual barang dengan memamerkan ala kadarnya. Contoh seperti papan nama sederhana, tradisional periklanan seperti melukis di batubatu, dinding dsb.



·         PERIKLANAN DALAM ERA PERTUMBUHAN PERKOTAAN
Ekspansi penduduk dan pertumbuhan kota-kota yang dipenuhi oleh banyak toko dan pusatpusat perdagangan. Pola-pola produksi secara missal. Terbentuk dan berkembangnya jaringan komunikasi. Perkembangan dunia periklanan seiiring dengan perkembangan media.


·         PERIKLANAN DAN DUNIA MODERN
Alat yang efektif untuk memasarkan produk. Produsen dan distributor membutuhkan iklan untuk menjual barangnya, sedangkan pembeli membutuhkan informasi yang memadai mengenai produk dan jasa yang tersedia di pasar. Peran biro iklan sebagai perantara pihak media massa dan para pengiklan. Tuntutan fungsi-fungsi kreatif Defenisi iklan : Berasal dari kata ad-vere yang berati mengoperkan fikiran kepada pihak lain. “pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media”.
·         JENIS IKLAN
-        Brand advertising
-        Retail advertising
-        Political advertising
-        Directory advertising
-        Direct respon advertising
-        Business to business advertising
-        Institutional advertising

-        Public service advertising

0 komentar:

Posting Komentar