Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (informasi/message)
dari komunikator/sumber kepada komunikan.penerima melalui media tertentu untuk
menghasilkan efek/tujuan tertentu dengan mengharapkan feedback/umpan balik
Unsur-unsur
komunikasi:
1. Penyampai
pesan/komunikator/sumber/Source
2.
Pesan/Message
3. Penerima
pesan/Receiver
4.
Media/Channel
5.
Efek/tujuan/Destination
6. Umpan
balik/Feedback
7.
Gangguan/Noise noise
KOMUNIKASI
MASSA adalah proses komunikasi dengan menggunakan media massa. Contoh media massa:
1. Cetak:
surat kabar, majalah, etc.
2. Non Cetak:
radio, TV, internet, film.
“Yang
terpenting adalah bukan jenis media massanya tetapi yang diperlukan adalah
pemahaman lebih luas dari konsep-konsep tersebut, apakah semua media beroperasi
sama.”
Komunikasi massa
menurut tokoh:
·
Joseph R. Dominick: Komunikasi
massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan
satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang
besar, heterogen, dan tersebar.
·
Jalaluddin Rakhmat merangkum:
Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah
khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau
elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
·
DeFleur & Dennis Ë
komunikasi sebagai proses.
Tahapan-tahap pembentuk komunikasi massa:
1. Komunikator professional
2. Cepat & berkelanjutan
3. Khalayak luas & beragam
4. Kesamaan makna
5. Mempengaruhi khalayak
6. Mengutamakan unsur isi daripada hubungan
7. Bersifat satu arah
8. Stimulasi alat indera terbatas
9. Feedback tertunda
PERBEDAAN KOMUNIKASI MASSA & TATAP
MUKA
1. Konsekuensi menggunakan media
2. Konsekuensi memiliki khalayak luas & beragam
3. Pengaruh sosial & kultural perbedaan
·
Secara teknis menurut Elizabeth
Noelle-Neuman ada 4 tanda pokok dari komunikasi massa yang tidak terdapat pada
komunikasi interpersonal:
· bersifat tidak langsung
· bersifat searah
· bersifat terbuka
· mempunyai publik yang tersebar
secara geografis
PROSES & MODEL KOMMUNIKASI MASSA
Ada 2 proses komunikasi
1.
Komunikasi Primer
Proses komunikasi yang tidak
menggunakan media tetapi menggunakan lambang/simbol sebagai media satu-satunya.
Ada 2 jenis lambang:
a) Verbal: lambang/simbol/pesan yang berupa kata-kata
(lisan/tulisan).
b) Non Verbal: bahasa tubuh/body language/ekspresi wajah Non verbal
dalam bentuk tulisan ex. Tinta merah: marah.
c) Paralinguistik Z Dialek: cara orang berbicara, Intonasi, Volume
suara, Kecepatan berbicara.
2.
Komunikasi Sekunder
Proses penyampaian & penerimaan
pesan dengan menggunakan media sebagai sarana komunikasi seperti media massa
dan media non massa (interpost media).
MODEL KOMUNIKASI MASSA
1.
Model Jarum Hipodermik (Peluru
Ajaib)
2.
Model Satu Tahap
3.
Model Kosmopolitik
4.
Model Banyak Tahap
5.
Model Shannon & Weaver
6.
Model Bittner
7.
Model Schramn
HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI MASSA
1. Hambatan Psikologi: kepentingan, prasangka, stereotipe dan
motivasi
2. Hambatan Sosiokultural: aneka etnik, perbedaan norma sosial,
kurang
mampu berbahasa
Indonesia, faktor semantic, pendidikan belum merata
dan hambatan mekanis
3. Hambatan Interaksi Verbal: polarisasi, orientasi intensional,
evaluasi
statis dan indiskriminasi
0 komentar:
Posting Komentar