Pages

Sabtu, 12 September 2015

KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan (informasi/message) dari komunikator/sumber kepada komunikan.penerima melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan tertentu dengan mengharapkan feedback/umpan balik

Unsur-unsur komunikasi:
1. Penyampai pesan/komunikator/sumber/Source
2. Pesan/Message
3. Penerima pesan/Receiver
4. Media/Channel
5. Efek/tujuan/Destination
6. Umpan balik/Feedback
7. Gangguan/Noise noise

KOMUNIKASI MASSA adalah proses komunikasi dengan menggunakan media massa. Contoh media massa:
1. Cetak: surat kabar, majalah, etc.
2. Non Cetak: radio, TV, internet, film.

“Yang terpenting adalah bukan jenis media massanya tetapi yang diperlukan adalah pemahaman lebih luas dari konsep-konsep tersebut, apakah semua media beroperasi sama.”

Komunikasi massa menurut tokoh:
·         Joseph R. Dominick: Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang besar, heterogen, dan tersebar.
·         Jalaluddin Rakhmat merangkum: Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
·         DeFleur & Dennis Ë komunikasi sebagai proses.

Tahapan-tahap pembentuk komunikasi massa:
1.  Komunikator professional
2.  Cepat & berkelanjutan
3.  Khalayak luas & beragam
4.  Kesamaan makna
5.  Mempengaruhi khalayak
6.  Mengutamakan unsur isi daripada hubungan
7.  Bersifat satu arah
8.  Stimulasi alat indera terbatas
9.  Feedback tertunda

PERBEDAAN KOMUNIKASI MASSA & TATAP MUKA
1.  Konsekuensi menggunakan media
2.  Konsekuensi memiliki khalayak luas & beragam
3.  Pengaruh sosial & kultural perbedaan

·         Secara teknis menurut Elizabeth Noelle-Neuman ada 4 tanda pokok dari komunikasi massa yang tidak terdapat pada komunikasi interpersonal:
· bersifat tidak langsung
· bersifat searah
· bersifat terbuka
· mempunyai publik yang tersebar secara geografis


PROSES & MODEL KOMMUNIKASI MASSA

Ada 2 proses komunikasi
1.  Komunikasi Primer
Proses komunikasi yang tidak menggunakan media tetapi menggunakan lambang/simbol sebagai media satu-satunya. Ada 2 jenis lambang:
a)   Verbal: lambang/simbol/pesan yang berupa kata-kata (lisan/tulisan).
b)   Non Verbal: bahasa tubuh/body language/ekspresi wajah Non verbal  dalam bentuk tulisan ex. Tinta merah: marah.
c)   Paralinguistik Z Dialek: cara orang berbicara, Intonasi, Volume suara,  Kecepatan berbicara.
2.  Komunikasi Sekunder
Proses penyampaian & penerimaan pesan dengan menggunakan media sebagai sarana komunikasi seperti media massa dan media non massa (interpost media).

MODEL KOMUNIKASI MASSA

1.  Model Jarum Hipodermik (Peluru Ajaib)
2.  Model Satu Tahap
3.  Model Kosmopolitik
4.  Model Banyak Tahap
5.  Model Shannon & Weaver
6.  Model Bittner
7.  Model Schramn

HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI MASSA

1. Hambatan Psikologi: kepentingan, prasangka, stereotipe dan motivasi
2. Hambatan Sosiokultural: aneka etnik, perbedaan norma sosial, kurang
   mampu berbahasa Indonesia, faktor semantic, pendidikan belum merata
   dan hambatan mekanis
3. Hambatan Interaksi Verbal: polarisasi, orientasi intensional, evaluasi
   statis dan indiskriminasi












0 komentar:

Posting Komentar